gravatar

Forklift? Apa'an tuh?


Forklift? 'fork' = garpu, 'lift' = angkat. . . Jadi artinya, forklift = angkat garpu. . .hehehe. . . terjemahan yang salah jurus. Forklift yang kadang di barat sono nyebutnya lift truck merupakan suatu perangkat material handling yang paling banyak n sangat mutlak digunakan dalam dunia logistic, ingat! dunia logistic bukan dunia mistic. . . Tujuannya dibuat forklift ya untuk alat bantu dalam hal angkat mengangkat dan transportasi. 


Tahun 1906, Pennsylvania Railroad memperkenalkan batery platform truck untuk memindahkan barang. Inilah awal sejarah dari forklift, dan selanjutnya mulai berkembang saat Perang Dunia 1. Bukan buat alat tempur, tapi ya buat bantu2 logistic. Katanya sih, forklift masa kini udah beda jauh sama jaman jadulnya dulu.

versi jadul tahun 40-an

Forklift punya bagian bagian utama n vital (ga boleh mikir jorok kecuali saya. . .haha)



-. Fork
fork
Ini nih, senjata utamanya forklift, bentuknya berupa dua batang besi lurus (ya luruslah, kalo berlekuk lekuk namanya keris) dengan panjang rata rata 2,5 m (tergantung daya angkut maksimal foklift). Fungsinya buat ngangkat n menopang barang. Jadi gini, barang yang mau diangkat, diletakkan di atas pallet, nah fork-nya masuk lewat celah di pallet tadi, trus diangkat deh. Tapi inget, berat barang harus sesuai sama beban maksimal yang boleh diangkat sama forklift.


-. Carriage
carriage
Yang namanya fork tadi tempat naruhnya di carriage sini. Fungsi lainnya juga sebagai penghubung antara mast dan fork, juga sebagai pengaman n sandaran buat barang barang yang diangkat.


-. Mast
mast
Bagian utama dalam fungsi kerja fork, berupa dua besi tebal vertikal dan terkait dengan sistem hidrolis pada forklift. Fungsinya untuk lifting (geraknya naik n turun) dan tilting (maju , mundur n ungkit). 


-. Overhead Guard
overhead guard
Ini penting buat safety, gunanya ngelindungi sang sopir yang bekerja keras membanting tulang dan tak kenal lelah. 


-. Counterweight
counterweight
Hehehe. . . ini dia yang bikin forklift kelihatan seksi. Bagian penyeimbang beban, letaknya di arah berlawanan dari fork, alias di belakang. Gara gara bentuknya yang semok bin bahenol n diletakin di belakang, saya jadi ingat sesuatu. . . . hahaha


Followers